Kamis, 06 Desember 2012

Makalah Kelompok : Penggunaan Media Domino


Pengantar Media
Bahasa Inggris dipandang menjadi salah satu bahasa asing yang penting di Indonesia. Seperti yang diketahui, bahasa Inggris merupakan Bahasa internasional yang menghubungkan beberapa Negara didunia. Bahasa Inggris juga sebagai bahasa yang digunakan secara luas dalam setiap aspek kehidupan seperti ilmu pengetahuan, pendidikan, bisnis, dan hiburan. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia telah memutuskan bahwa bahasa Inggris merupakan salah mata pelajaran inti dalam pendidikan formal, seperti TK, SD, SMP atau SMA.
Ada empat kemampuan yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran Bahasa Inggris, yaitu; kemampuan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Untuk menguasai setiap kemampuan, siswa dituntut mampu menguasai kosakata yang sedang digunakan. Media pembelajaran dapat membantu meningkatkan kemampuan-kemampuan berbahasa Inggris, termasuk didalamnya membantu siswa untuk menguasai kosakata Bahasa Inggris. Salah satu media yang biasa digunakan dalam meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris adalah permainan. Permainan bisa menjadikan suasana belajar yang menyenangkan. Apabila terjadi suasana belajar yang menyenangkan maka mudah bagi siswa menangkap pelajaran yang diberikan. Permainan Thematic Dominoes adalah permainan yang dibuat untuk bisa memperkaya penguasaan kosakata Bahasa Inggris.
Thematic Dominoes merupakan sejenis permainan domino bertema. Tema dalam permainan ini berasal dari pelajaran yang dipelajari sesuai dengan buku panduan Bahasa Inggris. Misalnya temanya mengenai Profession, maka kosakata yang ada dalam permainan adalah kosakata yang berhubungan dengan profesi. Thematic Dominoes bisa dimainkan dalam kelompok. Sama halnya seperti permainan domino, hanya saja dalam Thematic Dominoes siswa mencari jawaban berupa kosakata berdasarkan pertanyaan yang telah disediakan. Permainan Thematic Dominoes menuntut siswa untuk aktif berkompetisi menemukan pemenang dalam permainan.
Diharapkan dengan permainan Thematic Dominoes, siswa benar-benar bisa memperbanyak kosakata yang dimiliki. Apabila siswa kaya akan kosakata, maka mempermudah mereka untuk meningkatkan kemampuan dalam Bahasa Inggris.
Berdasarkan kamus Oxford Learner’s Dictionary, Thematic adalah berhubungan dengan tema atau sesuatu yang bertema dan Dominoes adalah permain satu set domino yang cara bermainnya diambil dan diletakkan diatas meja. Jadi, Thematic Dominoes adalah semacam permainan domino yang memiliki tema (Ginnis, 2008: 115). Domino dalam teknik permainan kosakata ini bukan berisi angka-angka seperti permainan domino pada umumnya, melainkan berisikan pertanyaan dan jawaban yang berhubungan dengan tema tertentu. Tema yang digunakan untuk permainan ini adalah tema berdasarkan pelajaran yang terdapat dalam buku pelajaran sekolah. Misalnya dalam buku pelajaran Bahasa Inggris kelas VII SMP terdapat tema pelajaran mengenai Profession, maka pertanyaan dan jawaban yang ada dalam kartu domino adalah pertanyaan dan jawaban yang berhubungan dengan profession.
Ada beberapa keuntungan permainan Thematic Dominoes. Permainan ini dapat membuat pembelajaran berbeda dan menyenangkan sehingga kosakata yang ada kaitannya dalam materi mudah untuk dihafal. Hal ini juga dapat membuat siswa berpikir kritis, mengingat, memprediksi, dan menebak arti kata-kata. Kegiatan ini menyebabkan siswa berpartisipasi aktif dan melatih mereka berbicara Bahasa Inggris ketika mereka mencoba membaca pertanyaan yang ada dalam kartu domino. Permainan ini juga mendorong siswa untuk mendengarkan pertanyaan dengan hati-hati. Pada tingkat yang lebih tinggi, pertanyaan dalam permainan ini harus disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa. (Ginnis, 2008: 116)













Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah                         : SMP 02 Maju
Mata Pelajaran / Bahan Ajar   : Bahasa Inggris / Speaking
Waktu                                                  : 2 x 45 Menit
Kelas / Semester                       : VII / 1

I.       Standar Kompetensi
        Berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan menggunakan ragam bahasa yang sesuai dengan lancar dan akurat dalam wacana interaksional dan/atau monolog pendek terutama wacana yang berbentuk naratif, deskriptif, dan recount sederhana.

II.    Kompetensi Dasar
1.2Mengungkapkan berbagai makna  interpersonal / ideasional dalam wacana transaksional dan/atau monolog lisan terutama dalam wacana berbentuk naratif, recount dan deskriptif sederhana.

III. Indikator
        Mendiskripsikan benda, orang, profesi atau tempat secara sederhana.
        Mengemukakan isi bacaan pada media pembelajaran

IV. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu mendeskrripsikan benda, orang, prrofesi atau tempat secara sederhana
Siswa mampu mengemukakan isi bacaan pada media pembelajaran

V.    Materi Pembelajaran
Professions and verb
VI. Metode Pengajaran
Metode konteks
Suatu kata dapat diterangkan dengan cara kata tersebut dibuat menjadi satu kelompok kalimat yang dapat menimbulkan pemahaman pada siswa.

VII.          Langkah – Langkah Pembelajaran
·        Kegiatan awal
-            Salam
-            Absensi dan motivasi

·   Kegiatan Inti
-          Menyampaikan materi yang akan dipelajari
-          Memulai pelajaran
-          Membentuk siswa secara berkelompok
-          Membagikan media pembelajaran yang telah disiapkan
-          Memberikan instruksi, petunjuk, dan mengawasi jalannya proses belajar mengajar


·      Kegiatan akhir
-          Evaluasi
-           
VIII.       Alat 
-          1 set domino, yang terbuat dari karton
Sumber
-          Buku Bahasa Inggris SMP kelas VII
-          Internet

Pengerjaan dan penerapan
1.      Siapkan satu set domino, yang dapat dibuat dengan menggunakan karton atau kertas. Masing-masing kartu dibagi menjadi dua seperti kartu domino. Satu sisinya berisi pertanyaan dan sisi lainnya berisi jawaban. Pertanyaan dan jawaban sesuai dengan tema dan jawabannya adalah berbentuk kosakata.
2.      Bagilah siswa menjadi beberapa kelompok, satu kelompok terdiri dari tiga atau lima siswa.
3.      Acak kartu dan berikan kepada masing-masing kelompok.
4.        Kelompok dapat memulai permainan Thematic Dominoes dengan membaca pertanyaan, tetapi kelompok yang membaca pertanyaan pertama adalah kelompok pemenang yang dipilih dari hasil sistem undian atau suit. Jika satu kelompok membaca pertanyaan , kelompok lain mendengarkan dengan cermat dan menebak apa jawaban dari pertanyaan tersebut. Jika kelompok lain berhasil menjawab pertanyaan, kelompok mereka dapat melanjutkan permainan Thematic Dominoes dengan membaca pertanyaan berikutnya. Ketika satu kelompok menjawab pertanyaan dalam permainan Thematic Dominoes, semua kelompok juga memutuskan apakah jawaban tersebut benar atau salah, dan seperti itu selanjutnya. (Ginnis, 2008: 115).

Cara bermain Thematic Dominoes sama halnya dengan bermain domino. Jika permainan  domino menggunakan angka-angka maka permainan Thematic Dominoes menggunakan kosakata-kosakata Bahasa Inggris. Dalam satu set kartu domino terdiri dari 28 kartu. Pertanyaan yang ada dalam satu kartu dicocokkan dengan jawaban yag ada pada kartu lain. Begitu seterusnya. Kelompok yang menghabiskan kartu pertama kali adalah pemenang dalam permainan ini. Fugsi tenaga pengajar dalam permainan ini memonitor jalannya permainan. Tenaga pengajar juga bisa terlibat langsung dan memberi penilaian pada siswa.

Kesimpulan
Media pembelajaran permainan Thematic Dominoes dinilai efektif dalam peningkatan penguasaan kosakata Bahasa Inggris. Melalui media pembelajaran permainan Thematic Dominoes, siswa menemukan cara belajar yang baru dalam meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris. Permainan Thematic Dominoes dimainkan dalam kelompok-kelompok tertentu, sehingga dalam permainan ini siswa dituntut untuk berkompetisi menemukan kosakata yang tepat berdasarkan pertanyaan. Teknik permainan Thematic Dominoes membuat pembelajaran menyenangkan karena kosa kata dalam materi mudah untuk dihafal.
Dengan adanya media permainan Thematic Dominoes hasil pengembangan tenaga pengajar lebih mudah untuk mencapai tujuan. Media permainan Thematic Dominoes dinilai juga lebih efektif dan efisien dalam penyampaian materi pembelajaran Bahasa Inggris karena tenaga pengajar dapat mengajarkan beberapa kosakata Bahasa Inggris yang berhubungan dengan tema tertentu.




1 komentar:

  1. What is the biggest slot machine casino site? - Lucky Club
    Casino is one of the most famous online casinos in Europe and the most popular online casino is the Btc luckyclub.live Cash. In this casino you will get free spins and no

    BalasHapus