Rabu, 28 November 2012

Pertanyaan Multimedia Pembelajaran


1.      Edgar Dale (1956) mengemukakan klasifikasi yang begitu terkenal yaitu kerucut pengalaman. Tahapan pertama yang digambarkan didalam kerucut pengalaman tersebut adalah ....
a.       Visual symbol
b.      Field-trip
c.       Demonstration
d.      Verbal symbol
e.       Direct purposeful experiences
2.      Istilah hypertext dikemukakan oleh Nelson (1974) untuk mendeskripsikan dokumen – dokumen yang tidak berurutan. Tujuan dari hypertext tersebut adalah ....
a.      Melibatkan pemakai kedalam lingkungan informasi yang tersusun dengan baik
b.      Mengkonstruksi kegiatan kreatif dengan jaringan sendiri
c.       Mempermudah pemakai untuk beralih ke suatu informasi
d.      Menstruktur pengetahuan
e.       Mengaitkan bagian informasi ke jaringan yang lebih luas
3.      Memberikan kesempatan yang besar dalam pendidikan karena ketersediaan perangkat lunak untuk menciptakan dunia rill. Merupakan kelebihan dari ....
a.       Penggunaan multimedia
b.      Multimedia Kits
c.       Hypermedia
d.      Relevansi Materi
e.       Expert system
4.      Ciri – ciri yang dimiliki oleh komunikasi massa sebagai berikut, kecuali ....
a.       Komunikator melembaga
b.      Bersifat heterogen
c.       Menimbulkan keserempakan
d.      Demonstration
e.       Berlangsung satu arah
5.       Yang bukan merupakan faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menolak multimedia adalah ....
a.       Relevansi materi
b.      Aksesibilitas materi
c.       Dukungan intitusi
d.      Materi yang tidak familiar
e.       Ketersediaan materi apaapun
6.      Program televisi dibedakan atas 2 yaitu ....
a.      Jaringan televisi sekitar (cctv) dan program televisi siaran
b.      Program televisi siaran dan program jarak jauh
c.       Jaringan televisi sekitar dan program jarak jauh
d.      Program jarak jauh dan program tatap muka
e.       Program tatap muka dan jaringan telivisi sekitar (cctv)
7.      Terdapat 11 pengalaman menurut Edgar Dale pada kerucut pengalaman. Yang bukan merupakan tahap – tahap dari pengalaman tersebut adalah ....
a.       Television
b.      Visual grafik
c.       Exhibits
d.      Motion pictures
e.       Verbal symbol
8.      Salah satu ciri – ciri dari program televisi siaran (television broadcast) adalah ....
a.       Komunikatornya tidak melembaga
b.      Pesan bersifat pribadi
c.       Tidak adanya keserempakan penayangan
d.      Berlangsung satu arah
e.       Bersifat homogen
9.      Hypermedia merupakan media yang memiliki komposisi materi yang tidak berurutan apa – apa saja kelebihannya kecuali ....
a.       Mengasikkan     kesempatan untuk melibatkan minat
b.      Multisensori       mengembangkan suara dan gambar
c.       Kaitan                menghubungkan ide – ide yang berbeda
d.      Individualisme   struktur web menggunakan pengguna mencari web
e.       Kompleks          program lanjutan yang suka digunakan dan dimanfaatkan
10.  Penjelasan visual dari suatu fakta, ide, atau proses yang penting merupakan pengertian dari ....
a.       Field – trip
b.      Dramatized experiences
c.       Exhibits
d.      Visual symbol
e.       Demonstration
11.  Sebagai seorang guru, tujuan kita menggunakan multimedia dalam pendidikan kepada anak adalah ....
a.       Agar anak tidak bosan
b.      Agar anaka tidak terlalu monoton
c.       Agar tidak terlalu gaptek sebagai seorang guru dipandang masyarakat luar
d.      Melibatkan pelajar dalam pengalaman multi sensori  untuk meningkatkan kegiatan belajar
e.       Sebagai sarana yang harus diikuti pada saat sekarang
12.  Subjek abstak yang memerlukan penjelasan proses bagaimana sesuatu itu bekerja merupakan yang sering ditampilkan dalam ....
a.       Mengklarifikasi atau menekankan konsep – konsep abstrak yang kompleks
b.      Mengilustrasikan bagaimana sesuatu itu bekerja
c.       Ketersediaan materi apapun
d.      Untuk mengilustrasikan materi yang tidak familiar
e.       Multimedia kits
13.  Multimedia kits merupakan salah satu jenis multimedia yang dikemukakan oleh Smaldino,dkk. Jenis – jenis yang termasuk dalam multimedia kits adalah ....
a.      CD-ROM, slides, media cetak dan audio tapes
b.      Teks, audio dan informasi visual
c.       Audio tapes, audio dan informasi visual
d.      Slides, dan informasi visual
e.       Audio tapes, grafis, dan video
14.  Kadang – kadang siswa tidak mengerti dan tidak dapat mengalami secara langsung segala kejadian dimasa lampau dan disamping itu ada hal – hal yang tidak bisa disampaikan melalui simbolis. Cara kita menyampaikan kepada peserta didik adalah ....
a.       Memperagakan dengan cara dramatis
b.      Menyampaikan dengan cara mendeskripsikan
c.       Siswa disuruh kelapangan dan mencari pengalamannnya langsung
d.      Melakukan diskusi didalam kelas
e.       Guru menceritakan melalui pengalaman pribadi 
15.  Merupakan kombinasi multipel media dengan satu jenis media sehingga terjadi keterpaduan secara keseluruhan merupakan konsep multimedia menurut ....
a.       Hefzallah
b.      Smaldino dan Nelson
c.       Duffy, Mc. Donal dan Mizell
d.      Edgar Dale dan Hefzalah
e.       Nelson
16.  Jenis – jenis media menururt Smaldino adalah ....
a.       Televisi sekitar  (cctv)
b.      Televisi siaran (radio)
c.       Multimedia kits
d.      Televisi
e.       Komputer
17.  Media yang meminta pebelajar memratekkan keterampilan dan menerima balikan merupakan jenis dari ....
a.       Virtual reality
b.      Media interaktif
c.       Visual symbol
d.      Motion pictues
e.       Fungsi pendidikan
18.  Fungsi media visual untuk masyarakat adalah ....
a.       Sebagai tempat hiburan
b.      Sebagai media yang merupakan kebutuhan bagi setiap ornag
c.       Media untuk menonton film, sinetron, dan sebagainya
d.      Sebagain penerangan, pendidikan, sekaligus hiburan
e.       Media yang bisa dijadikan sebagai promosi iklan dan sebagainya
19.   Yang termasuk kedalam visual symbol adalah ....
a.      Grafis, peta, diagram
b.      Video, audio
c.       Kaset dan CD
d.      Diagram dan video
e.       Kaset dan peta
20.  Tahapan tertinggi pada kerucut pengalaman menurut Edgar Dale (1956) adalah ....
a.       Visual symbol
b.      Demonstration
c.       Dramatized experriences
d.      Verbal symbol
e.       Field – trip












0 komentar: